Jumat, 10 Oktober 2008

Asian Beach Games

Jakarta, Kominfo Newsroom - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyerahkan obor api Asian Beach Games kepada Menko Kesra Aburizal Bakrie untuk dibawa ke tempat penyelenggaraan turnamen tingkat Asia tersebut, yang dijadwalkan berlangsung di Bali dari 18 hingga 26 Oktober 2008.

Prosesi penyerahan obor tersebut dilaksanakan di halaman tengah Istana Kepresidenan Jakarta. Jumat (10/10).

Selanj utnya api obor tersebut diserahkan Aburizal Bakrie kepada atlet bulutangkis nasional Hendra Setiawan, yang kemudian langsung dibawa kirab keluar Istana Kepresidenan.

Obor kemudian akan dibawa kirab ke Bali yang selanjutnya akan diarak menuju 10 kabupaten dan kota di pulau dewata, untuk kemudian menuju ke lokasi upacara pembukaan untuk menyalakan obor raksasa.

Menurut rencana, pembukaan Asian Beach Games akan langsung dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Api obor pertama kali dinyalakan dan diambil dari sumber api abadi yang berada di Merapen, Purwodadi, di Jawa Tengah, 8 Oktober 2008 lalu.

Menko Kesra mengatakan pengambilan api Merapen sebagai simbolisasi semangat yang selalu berkobar yang siap membentuk karakter manusia berkualitas, sehat dan sportifitas tinggi.

''Secara historis sumber api Merapen sebagai tempat empu membuat keris pusaka, disamping juga merupakan sumber api Asian Games tahun 1962 dan event-event olahraga lainnya di Indonesia,'' ujarnya.

Sesaat setelah dinyalakan di Merapen, api obor diarak oleh atlet-atlet nasional berprestasi menuju dan diinapkan di kantor Gubernur Jawa Tengah. Proses Kirab Obor di Jakarta telah mampir di Kantor KONI mengelilingi Stadion Utama Senayan dan singgah di Kantor Menegpora.

Dari Kantor Menegpora melalui Jl. Gatot Subroto, Jl. Sudirman dan Thamrin kemudian diarak menuju Istana. (T.tr/toeb/c)

Tidak ada komentar: